SALSA

Salsa

Tutor Kimia

– motto

Nggak punya motto tertentu sih. Enjoy everything!

– Kenapa memilih jd tutor di Beniso?

Kind of unintentionally lol. Beniso diawali dengan pertemuan yang tidak disengaja haha. Tapi siapa sangka di pertemuan ini aku bertemu dengan teman-teman yang menarik. Mereka sama-sama mencintai sains dalam perwujudan yang berbeda-beda. We share fun and knowledge together. Itulah hal yang membuatku menyukai Beniso!

– Harapan buat beniso ke depan

Semoga bisa jadi portal ilmu pengetahuan terdepan! Aku harap melalui beniso, akan semakin banyak orang yang mencintai sains, peace!

– Apa yang kamu harapkan dapat kamu capai dalam hidupmu? (life goal intinya)

I start my scientist way as a chemist, lebih spesifiknya di Kimia Komputasi dan Teori.

(to be honest) Aku memulai semuanya karena coba-coba, kebetulan kimia cukup menarik buatku saat SMA. Entah kenapa hampir semua guru kimia (di lingkungan sekolah dan les) seringkali menjadi pemicu unik buatku, they always full of enthusiasms and attentions, yet very fun and caring to each student they have. Aku jadi terinspirasi dengan mereka dan coba kuliah di Kimia FMIPA. Sayangnya saat masa kuliah, semuanya ‘buyar’. Kaget aja, kimia ternyata jauh lebih membingungkan dari apa yang kubayangkan! Can I survive???

Aku mulai mengenal kimia komputasi di tahun ketiga kuliah. Waktu itu Pak Dosen asyik demonstrasi software pemodelan yang woww, unik. Cuma pake software gituan kita bisa ciptain senyawa baru, lol deh. Tapi siapa sangka itulah titik pemantikku. Kayak ketiup angin aku makin tertarik ke bidang kimia. Aku yang awalnya dimodali niat iseng bergabung ke lab kimia komputasi kampus. Kembali bertemu orang-orang baru yang nggak kalah uniknya dengan guru-guru kimiaku terdahulu. Lewat mereka, lewat penelitian yang pake komputer, lewat model senyawa yang aku lihat, aku kembali diingatkan why chemistry is amazing. Kenapa sih besi itu kokoh? Kenapa kita hidup dengan bernafas? Kenapa kendaraan kita perlu bahan bakar? Kebingunganku seakan terjawab, plus aku tahu betapa luar biasanya ilmu kimia yang sudah ada di keseharian kita! And I’d like to tell everyone,including you, how amazing chemistry!

– Kenapa tertarik belajar science?

what do mean by science? ketika kamu tertarik dengan seseorang, then kamu jadi terus kepoin dia demi tau kebiasan si dia –I guess that’s already science lol, cuma perlu kamu tambahkan saja metodologi dan analisis yang sistematis haha.

anything could be science. that’s the main reason why it’s always giving some people thrill (perhaps including me). Simpelnya sih, aku anggap sains sebagai wujud yang membuat segala pemikiran dan pertanyaanku jadi bermuara. Ada nggak sih darah selain warna merah? Kenapa kita perlu makan? Bagaimana dia bisa kesal? Apa orang itu lelah? Sains nggak melulu terkait ilmu mabifiki, including bahasa, ekonomi, sosial, budaya, but the whole knowledges that exist in the universe.

Anggap sains itu gebetanmu, terus kamu kepoin mulu, pengen lebih akrab terus sampe dapet, habis bareng eh ternyata masih aja ada yang baru dari si dia, gitu sih singkatnya lololol.

– Tips belajar

Tadi aku sudah analogikan sains sebagai gebetan, ini ga beda dengan itu sih. cari tau apa yang membuatmu penasaran (dari apa yg perlu kamu pelajari), pokoknya kepoin aja lah terus, gali rasa penasaranmu terus sampai di titik kamu nikmatin itu semua, kalau sudah sampai situ gak perlu tips-trik-segala-ajimat, kamu bakal mau tau lebih jauh tanpa perlu dituntut atau tertuntut deh (anggap aja sudah sayang) 😂

– etc

Other Members