Syarat & Ketentuan

Revisi terakhir per tanggal 6 Juni 2019

Beniso.id (“Situs”) dikelola oleh Kamipagama Beniso Sains

Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan platform Beniso.id, maka baik pengunjung maupun pengguna (“Anda”) dinyatakan telah memahami dan menyepakati semua isi dalam syarat dan ketentuan di bawah ini.

Apabila Anda sebagai pengguna situs tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi syarat dan ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan di situs kami.

Kami menyediakan layanan edukasi dalam jaringan (online courses/elearning) kepada pengguna baik melalui web maupun aplikasi mobile (“Platform”) berdasarkan hukum Republik Indonesia.

Kami berhak atas kebijakan untuk mengubah atau memodifikasi sebagian atau keseluruhan dari isi syarat dan ketentuan ini setiap saat, artinya aturan yang berlaku pada halaman ini dapat berubah sewaktu-waktu secara sepihak oleh kami, apabila hal tersebut terjadi maka kami akan mencoba memberikan pemberitahuan kepada seluruh pengguna situs, bisa melalui email, sosial media kami, maupun melalui situs ini secara langsung.

Aturan yang baru akan mulai berlaku setelah pemberitahuan sudah terpublikasikan atau terkirim ke seluruh pengguna situs Alumnia. Kesepakatan di atas tidak berlaku apabila terdapat perubahan karena alasan hukum negara Indonesia, syarat dan ketentuan pada situs ini akan berubah menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Pengguna situs sangat dianjurkan untuk membaca dengan seksama segala ketentuan di bawah ini karena akan berdampak kepada hak dan kewajiban sebagai pengguna situs ini. Pertanyaan lainnya seputar Bensio dapat dibaca di halaman FAQ atau anda menanyakan langsung kepada kami di bagian Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Bensio.

Ketentuan Umum

  1. Definisi

Dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksud dengan:

1.1 Akun adalah suatu pengaturan (arrangement) antara Penyedia Platform dengan Pengunjung Platform atau Pengguna Platform berdasarkan mana Pengunjung Platfrom atau Pengguna Platform diberikan akses oleh Penyedia Platform terhadap fitur-fitur Platform setelah melakukan pendaftaran data pribadi, nama pengguna (username) dan kata sandi (password).

1.2 Mentor/Tutor/Pelatih (Mitra) adalah Individu rekan kerja dari Beniso yang sepakat menggunakan Platform dari Beniso dalam memberikan jasa pelayanan edukasi kepada pengguna yang mebutuhkan jasanya.

1.3 Pengguna adalah Individu yang mendaftar pada Platform Beniso untuk mendapatkan jasa pelayanan edukasi yang disediakan.

1.4 Beniso Lulus A (IsoLulusA) adalah Jasa Pembimbingan secara online oleh Pelatih (Coach) kepada Pengguna (mahasiswa) untuk bisa mendapatkan nilai A pada mata pelajaran yang dipilihnya.

1.5 Beniso Tryout (IsoTryout) adalah Jasa latihan ujian UN, uji coba tes masuk perguruan tinggi negeri atau favorit secara online melalui Platform Beniso.

1.6 Beniso Olimpiade (IsoOlympic) adalah Jasa Pembimbingan secara online oleh Pelatih (Coach) kepada Pengguna (Siswa/Mahasiswa) untuk bisa mendapatkan prestasi tertinggi dalam event Olimpiade Sains baik nasional maupun internasional.

1.7 Beniso Takon (IsoTakon) adalah Jasa Penyelesaian soal secara instan secara online oleh Mentor kepada pengguna (Siswa) untuk membantu belajar lebih efisien dan efektif kapanpun dan dimanapun.

1.8 Lembaga Pendidikan adalah sekolahan, perguruan tinggi atau universitas yang bekerja sama secara kolektif menggunakan platform Beniso untuk meningkatkan prestasi siswa/mahasiswanya.

1.9 Pihak Lain adalah individu, kelompok, badan usaha maupun badan hukum yang mendukung dan/atau Kontribusi dengan atau tidak melalui Platform Beniso secara langsung.

2.0 Konten adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang dibuat dan/atau diunggah ke dalam Platform secara mandiri oleh Pengguna Platform (user generated content) dan bukan oleh Penyedia Platform.

2.1 Konten Yang Dilarang adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.2 Laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh Pengunjung Platform dan/atau Pengguna Platform kepada Penyedia Platform tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan.

2.3 Mitra Pembayaran adalah bank/fintech yang bekerjasama dengan Penyedia Platform dalam rangka memfasilitasi pembayaran.

2.4 Pengguna Platform terdiri dari Mentor/Tutor/Coach dan/atau siswa/mahasiswa, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang sudah terdaftar, sebagaimana berlaku.

2.5 Pengunjung Platform adalah pihak yang mengakses, membuka, dan memperoleh informasi dari Platform.

2.6 Platform adalah wadah berupa situs internet dan/atau layanan lainnya berbasis internet yang digunakan untuk melakukan jasa pelayanan edukasi melalui system elektronik yang dikelola dan disediakan oleh Kamipagama Beniso Sains termasuk, namun tidak terbatas pada situs Beniso.id.

2.7 Pengaduan adalah Laporan yang disertai permintaan kepada Penyedia Platform untuk memeriksa Pengguna Platform yang telah atau sedang atau diduga melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan.

2.8 Penyedia Platform adalah Kamipagama Beniso Sains yang menyelenggarakan program Jasa Pelayanan Edukasi (Online courses/eLearning) berdasarkan hukum Republik Indonesia, terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2.9 Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan penggunaan Platform yang ditetapkan dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh Penyedia Platform serta mengikat bagi Pengunjung Platform dan/atau Pengguna Platform.

3.0 Update/History adalah fitur yang terdapat pada halaman Platform yang difungsikan untuk Pengelola Jasa Pelayanan agar dapat memberikan pemberitahuan kepada seluruh Pengguna melalui pemberitaan dilaman mengenai keadaan terbaru, pencapaian penggunaan maupun hal lainnya.

3.1 Verifikasi adalah tindakan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan yang dilakukan oleh Penyedia Platform terhadap Akun, Konten dan/atau fitur yang didaftarkan, diunggah dan/atau dimohonkan oleh Pengguna Platform, atau untuk keperluan lainnya berdasarkan diskresi penuh Penyedia Platform.

  1. Biaya Operasional dan Biaya Tambahan

Pendapatan/revenue yang diperoleh dari Jasa Pelayanan Edukasi melalui Platform akan dikenakan Pembagian Pendapatan (revenue sharing) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pembagian Pendapatan dimulai dari 50% sampai dengan 70% untuk Mitra, sesuai kontribusi dan kinerja yang diberikan Mitra kepada Penyedia Platform.
  2. Dalam hal terdapat pajak, retribusi dan/atau pungutan lainnya yang dikenakan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap pendapatan yang diperoleh dari Jasa Pelayanan Edukasi, maka Penyedia Platform akan menetapkan memperhitungkan kembali sesuai dengan besaran sebagaimana ditentukan peraturan perundang-undangan yang bersangkutan.
  1. Pengungkapan Secara Sukarela

Segala pengungkapan (disclosure) oleh Pengunjung Platform atau Pengguna Platform dalam bentuk pertanyaan, pernyataan, komentar, ide, kritik, saran atau informasi pada Platform, yang bukan merupakan pengungkapan yang disyaratkan atau diminta oleh Penyedia Platform, adalah pengungkapan yang dibuat secara sukarela (voluntary disclosure) dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang bersangkutan.

  1. Posisi Beniso.

Beniso.id bukanlah Sekolahan atau Lembaga Pendidikan yang terikat dan wajib memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Beniso.id merupakan platform untuk memfasilitasi transaksi Jasa Pelayanan Edukasi antara Mitra dan Pengguna. Beniso tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan, atau informasi yang disediakan oleh Mitra atau pengguna lainnya. Beniso dengan ini melepaskan semua tanggung jawab dalam hal tersebut selama diizinkan oleh hukum yang berlaku di Indonesia.

Semua informasi di dalam Jasa Pelayanan Edukasi yang disediakan oleh Beniso merupakan bagian dari pemberitahuan, kami tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, ketepatan waktu atau kebenaran dari Jasa yang diberikan oleh Mitra.

Maka, Anda mengetahui bahwa informasi dan konten yang ada pada Jasa Pelayanan Edukasi dalam situs kami merupakan risiko Anda sendiri.

  1. Laporan dan Pengaduan

1.1 Pengunjung Platform dan Pengguna Platform berhak untuk mengajukan Laporan dan/atau Pengaduan kepada Penyedia Platform mengenai dugaan dan/atau peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang memasukkan data dan informasi yang tidak lengkap, tidak benar, menyesatkan dan/atau merupakan pemalsuan;
  2. Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang memasukkan dan mengunggah Konten Yang Dilarang;

iii. Mitra yang menyalahgunakan Jasa Pelayanan Edukasi; dan/atau

  1. Mitra yang tidak memenuhi atau hanya memenuhi sebagian dari Jasa Pelayanan Edukasi, atau memenuhi Jasa Pelayanan Edukasi tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh Mitra melalui Platform.

1.2 Konten Yang Dilarang sebagaimana disebut dalam 1.1 butir ii di atas termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Konten negatif (pornografi, perjudian, kekerasan);
  2. Konten dengan materi kebencian;

iii. Konten gambar grafis yang menimbulkan kengerian;

  1. Konten yang melanggar hak kekayaan intelektual;
  2. Konten jasa peretasan (hacking dan/atau cracking) dan/atau menyediakan akses tanpa hak atau melawan hukum atas sistem elektronik
  3. Konten penyediaan dan/atau akses terhadap narkoba, zat adiktif, dan psikotropika

vii. Konten dengan materi ketidakjujuran, kecurangan atau menyesatkan;

viii.Konten yang mendukung perdagangan manusia (human trafficking); dan/atau

  1. Konten penyediaan dan/atau akses terhadap rokok
  2. Konten dengan muatan Politik Praktis, yaitu konten pada setiap campaign yang mengandung muatan ajakan untuk memilih individu atau partai politik tertentu, baik yang dilakukan oleh individu maupun badan hukum lainnya.

1.3 Laporan dan Pengaduan diajukan oleh Pengunjung Platform atau Pengguna Platform kepada Penyedia Platform dengan cara memberikan laporan pada kami melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso.

1.4 Dengan mengajukan Laporan dan Pengaduan, Pengunjung Platform atau Pengguna Platform menyatakan sepakat dan bersedia untuk dipanggil sebagai saksi untuk dimintakan keterangannya dalam rangka pemeriksaan, termasuk, namun tidak terbatas pada, menghadap ke Penyedia Platform, instansi terkait, aparat penegak hukum, dan/atau pengadilan.

  1. Penonaktifan, Pemutusan dan Penghapusan konten

1.1 Pengunjung Platform atau Pengguna Platform berhak untuk mengajukan permohonan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun yang terdaftar atas namanya pada Platform kepada Penyedia Platform dengan mengirim pesan melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso disertai alasan-alasannya.

1.2 Penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengunjung Platform atau Pengguna Platform dilakukan dengan memperhatikan kewajiban Penyedia Platform untuk melakukan penyimpanan data pribadi sesuai batas waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku sejak tanggal penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun tersebut.

1.3 Penyedia Platform berhak untuk melakukan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengunjung Platform atau Pengguna Platform apabila terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Batasan Penyimpanan Data

Anda mengetahui bahwa situs memiliki batasan dalam penyediaan layanan kepada seluruh pengguna situs, termasuk batasan jangka waktu data atau konten lainnya yang disimpan oleh server Beniso atas nama Anda. Karena server kami memiliki kapasitas maksimal untuk menyimpan data seluruh pengguna. Maka dari alasan tersebut, Anda setuju dan memahami bahwa kami berhak untuk mengakhiri akun atau campaign atas nama Anda yang sudah tidak aktif dalam jangka waktu tertentu, sebelum melakukan hal tersebut kami akan berusaha memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda via email.

  1. Syarat Pengguna Situs

1.1 Minimal berusia 12 tahun;

1.2 Pengunjung situs ini wajib menyatakan diri sebagai seseorang yang cakap di mata hukum sehingga dapat bertanggung jawab atas segala tindakan ataupun kelalaian apabila melanggar syarat dan ketentuan ini;

1.3 Tidak diperkenankan bagi pengunjung situs untuk melakukan tindakan yang dapat melanggar ketentuan privasi seperti yang diatur dalam kebijakan privasi pada situs ini.

  1. Notifikasi

Pengunjung Platform atau Pengguna Platform sepakat dan bersedia untuk menerima segala notifikasi melalui media elektronik, termasuk, namun tidak terbatas pada email, layanan pesan singkat (short messaging service atau SMS) dan/atau pesan instan (instant messaging) yang didaftarkannya pada Platform dan untuk itu memberikan izin kepada Penyedia Platform untuk menghubungi Pengunjung Platform atau Pengguna Platform melalui media elektronik tersebut.

  1. Konten Publik

Anda mengetahui bahwa setiap informasi yang Anda tampilkan pada konten atau layanan kami, dapat diakses oleh publik, seperti nama, nomer telepon, email dan sosial media. Hal tersebut kami lakukan agar terdapat keterbukaan informasi bagi pengguna situs agar tidak dapat menimbulkan kecurigaan ataupun prasangka lainnya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Ketentuan Untuk Mitra

Peringatan: Anda setuju bahwa Beniso tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas penghapusan atau kegagalan Anda dalam memberikan Jasa Pelayanan Edukasi Anda. Selain itu, Anda berkewajiban menjaga kerahasiaan sandi serta keamanan akun Anda sendiri. Kami menyarankan Anda untuk senantiasa menjaga kerahasiaan akun Anda dari pihak lain, memastikan bahwa Anda selalu ‘log out’ setiap selesai menggunakan layanan pada situs Beniso. Apabila di kemudian hari Anda mendapati bahwa akun Anda disalahgunakan atau diakses oleh pihak lain tanpa persetujuan Anda, segera menghubungi Beniso melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso agar kami dapat memproses akun Anda.

Melalui persetujuan Anda kami dapat melakukan beberapa tindakan untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan akun seperti: pembekuan sementara akun, penghapusan akun atau pemblokiran akun. Kami tidak bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang diakibatkan dari kegagalan Anda untuk mematuhi aturan pada bagian ini.

  1. Syarat Menjadi Mitra

1.1 Apabila perseorangan, adalah mereka yang telah dinyatakan dewasa secara hukum ditandai dengan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan telah berusia minimal 17 tahun, apabila dibawah umur maka wajib diwakilkan oleh orang tua / wali;

1.2 Apabila Badan Hukum, adalah merupakan organisasi/komunitas/yayasan yang memiliki (Nomor Pokok Wajib Pajak) NPWP dan Akta Notaris (Bukti Hukum) tentang pendirian organisasi/komunitas/yayasan yang bersangkutan;

1.3 Bersedia melakukan serangkaian proses verifikasi akun dan kelengkapan lainnya apabila diperlukan;

1.4 Mitra menjamin bahwa setiap informasi yang diberikan kepada situs Beniso merupakan data yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Kewajiban Mitra

Mitra wajib untuk:

1.1 Menjamin dan menyatakan bahwa segala informasi yang dimasukkan dan diunggah oleh Mitra ke Platform, termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Hubungan antara Mitra dengan Pengguna;
  2. Status sebagai bukan pihak yang sedang terlibat dalam proses hukum pidana maupun perdata; dan

iii. Status sebagai bukan penyelenggara negara sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Dari Korupsi, adalah sesuai dengan fakta dan kebenaran yang dapat dipertanggung jawabkan;

1.2 Menjamin dan menyatakan bahwa semua Konten yang dimasukkan dan diunggah oleh Mitra ke Platform, tidak memuat Konten Yang Dilarang;

1.3 Menunjuk 1 (satu) rekening bank dari salah satu Mitra Pembayaran sebagai rekening tujuan dalam rangka Pembayaran yang sifatnya tidak dapat diubah, kecuali dalam keadaan darurat, dimana Mitra dapat mengajukan permohonan perubahan data kepada Penyedia Platform dengan mengirim laporan melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso. disertai alasan-alasannya;

1.5 Sepakat dan bersedia untuk membebaskan Penyedia Platform dari setiap gugatan maupun tuntutan hukum, dan untuk mengganti segala kerugian yang mungkin dialami oleh Penyedia Platform di kemudian hari atas, namun tidak terbatas pada, hal-hal berikut:

i.Jasa Pelayanan Edukasi yang tidak dipenuhi, dipenuhi sebagian atau yang dipenuhi tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh Mitra melalui Platform;

ii.Segala perbuatan melanggar hukum lainnya yang terjadi baik pada saat, selama maupun setelah masa pemberian Jasa Pelayanan Edukasi.

  1. Larangan Pencantuman Rekening Pribadi Maupun Pihak Lain

1.1 Mitra dilarang mencantumkan rekening pribadi dari Mitra pada halaman Jasa Pelayanan Edukasi di Platform.

1.2 Dalam hal Mitra menerima pembayarandari luar jaringan dari Pihak Lain, dan bukan melalui Platform, maka Mitra sepenuhnya bertanggung jawab atas hubungan hukum yang timbul antara Mitra dan Pihak Lain yang bersangkutan.

  1. Kerjasama Khusus

1.1 Mitra dapat mengadakan kerjasama khusus dengan Penyedia Platform untuk Proyek dan/atau Kontribusi tertentu yang dituangkan dalam perjanjian terpisah yang mengatur hak dan kewajiban para pihak.

1.2 Penyedia Platform memiliki diskresi penuh untuk menyepakati atau menolak kerjasama khusus yang diusulkan oleh Mitra.

1.3 Anda dapat menghubungi kami melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Alumnia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi

Dalam Pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi, Mitra berkewajiban untuk:

1.1 Melaksanakan apa yang telah dijanjikan dalam Jasa Pelayanan Edukasi melalui

Platform, termasuk memenuhi secara tuntas Jasa Pelayanan kepada Pihak Lain

dalam hal suatu pelayanan edukasi telah dijanjikan;

1.2 Memberikan laporan Pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi yang transparan, kredibel dan dilengkapi dengan dokumentasi dan bukti pendukung yang layak kepada Pihak Lain dan Pengelola Platform melalui Platform;

1.3 Dalam hal ada perjanjian kerjasama khusus antara Mitra dengan Penyedia Platform, menjalankan kewajibannya sebagaimana dimuat pada perjanjian kerjasama khusus tersebut; dan

1.4 Dalam hal Pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi tidak dapat dipenuhi sesuai dengan yang telah dijanjikan dan/atau tidak dapat dipenuhi sama sekali karena suatu keadaan memaksa, segera mengajukan laporan kepada Penyedia Platform melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso untuk ditindaklanjuti.

  1. Penunjukkan dan Pemberian Kuasa Kepada Penyedia Platform

Mitra setuju dan sepakat untuk menunjuk dan memberi kuasa kepada Penyedia Platform untuk bertindak untuk dan atas nama Mitra untuk melakukan, antara lain, hal-hal berikut:

1.1 Menjadi perantara eksklusif antara Mitra dengan Pihak Lain yang dilakukan Mitra;

1.2 Menyimpan dan mengelola Pembayaran dari Pengguna yang telah masuk rekening ke Platform Beniso atas nama Mitra;

1.3 Dalam hal terdapat perjanjian kerjasama khusus antara Mitra dengan Penyedia Platform, maka Mitra dan Penyedia Platform akan bertindak sebagaimana yang telah diperjanjikan dalam perjanjian khusus tersebut; dan

  1. Penolakan dan Penundaan Verifikasi

Penyedia Platform memiliki kewenangan penuh untuk menolak dan/atau menunda melakukan Verifikasi terhadap Akun apabila Mitra:

1.1 Belum menyampaikan data-data yang cukup sehubungan dengan pendaftaran Akun kepada Penyedia Platform; atau

1.2 Diduga telah melanggar atau berpotensi melanggar Syarat dan Ketentuan.

  1. Penghentian Jasa Pelayanan Edukasi

1.1 Penyedia Platform memiliki kewenangan penuh untuk menghentikan Jasa Pelayanan Edukasi apabila Mitra ditemukan telah melanggar Syarat dan Ketentuan.

1.2 Dalam hal Penyedia Platform menutup sebuah Jasa Pelayanan Edukasi, Uang pembayaran yang telah masuk ke dalam Platform Beniso akan dikembalikan kepada Pelanggan.

  1. Ketentuan Mitra

1.1 Mitra menjamin dan menyatakan bahwa semua konten yang diberikan kepada situs Beniso baik tulisan, foto dan video yang diterangkan dalam deskripsi adalah sesuai dengan fakta dan kebenaran yang dapat dipertanggung jawabkan;

1.2 Setiap Jasa Pelayanan Edukasi merupakan tanggung jawab penuh dari pihak Mitra;

1.3 Jasa Pelayanan Edukasi dilarang untuk dilakukan apabila mengandung unsur:

  1. Pornografi, konten dewasa dan mengandung unsur seksualitas;
  2. Konten yang menurut kami, teridentifikasi mendukung kegiatan terorisme, menebar kebencian, kekerasan, pelecehan, bullying, diskriminasi, atau intoleransi berkaitan dengan ras, etnis, afiliasi agama atau kegiatan yang akan menurut kami akan menimbulkan perpecahan di kemudian hari;

iii. Konten atau Jasa Pelayanan Edukasi yang palsu, menyesatkan, tidak akurat, tidak jujur, duplikasi di luar situs Beniso tanpa persetujuan pihak lain tersebut;

  1. Konten berkaitan dengan benda tajam dan berbahaya seperti: pisau, bahan peledak, amunisi, senjata api dan lain lain yang tidak berkaitan dengan Jasa Pelayanan Edukasi yang diberikan;
  2. Perdagangan manusia, ekploitasi manusia dan suap;
  3. Terdapat musik, film, perangkat lunak atau materi lain di dalam konten yang tidak berlisensi atau berizin resmi dari pemegang hak;

vii. Berkaitan dengan narkotika dan zat berbahaya lainnya;

viii.Berkaitan dengan perjudian, pertaruhan, togel, lotere atau undian;

  1. Kegiatan yang dapat merusak lingkungan dan habibat alam;
  2. Konten atau aktivitas yang menurut Alumnia tidak dapat diterima.

1.4 Apabila Jasa Pelayanan Edukasi berbentuk karya/ide, maka Mitra menyatakan bahwa ide atau karya tersebut merupakan karya yang orisinil atau dengan izin tertentu apabila bersumber dari karya pihak lain sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang Hak Kekayaan Intelektual yang berlaku;

1.5 Beniso tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan, penggunaan tanpa izin, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual yang dilakukan oleh Mitra;

1.6 Mitra dilarang mencantumkan nomor rekening pribadi atau lainnya dalam konten/produk dengan alasan apapun, Beniso berhak untuk menghapus nomor rekening tersebut apabila ketentuan ini dilanggar;

1.7 Beniso berwenang melakukan sensor/menghapus gambar yang kami anggap mengganggu atau tidak pantas untuk diperlihatkan kepada publik;

1.8 Dana Pembayaran yang diterima dapat transfer ke rekening bank Mitra dalam waktu paling cepat 3×24 jam sejak dana diterima, apabila ada keterlambatan, silahkan lapor melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso.

1.9 Setiap Dana Pembayaran yang masuk ke Platform Beniso merupakan dana bersih yang telah dipotong biaya administrasi;

2.0 Mitra bertanggung jawab atas apa yang telah ditulis dan dijanjikan pada halaman;

2.1 Setiap proses pencairan Dana akan dikenakan biaya administrasi dari mitra pencairan (disbursement) Beniso.

2.2 Bahwa apabila terdapat pajak dan/atau retribusi dan/atau pungutan legal lain terhadap dana yang diberikan, maka ABeniso dapat menetapkan biaya tambahan pada setiap Proyek dan/atau Kontribusi sesuai dengan besaran yang berlaku;

2.3 Apabila terdapat perjanjian kerjasama khusus antara Mitra dengan Beniso, maka kedua belah pihak wajib menjalankan kewajibannya sebagaimana yang telah tertera pada perjanjian kerjasama tersebut;

3.0 Mitra bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi. Oleh karena itu, Mitra menyatakan dan bersedia mengganti segala kerugian yang dialami oleh Beniso apabila hal tersebut terjadi di kemudian hari, termasuk membebaskan Beniso dari setiap tuntutan hukum yang timbul pada permasalahan yang disebabkan dan diakibatkan oleh Mitra.

Verifikasi Akun Pengguna/Mitra

Setiap Pengguna dan/atau Mitra harus melakukan verifikasi akun untuk melakukan Jasa Pelayanan Edukasi. Verifikasi akun perlu dilakukan agar kami memiliki data terkait orang/lembaga yang bertanggung jawab atas sebuah Jasa Pelayanan Edukasi.

Beniso menyarankan Mitra untuk memiliki NPWP. Jika Anda belum mempunyai atau masih mengajukan aplikasi NPWP, silakan mendaftar terlebih dahulu dan menyusulkan NPWP kemudian.

  1. Akun Organisasi/Yayasan: Scan NPWP atas nama Organisasi/Yayasan, Akta pendirian, kartu identitas pemegang akun, nomor rekening atas nama Organisasi/Yayasan, nomor telepon pemegang akun dan media sosial. Nomor rekening dan NPWP yang dilampirkan harus atas nama yayasan. Apabila diperlukan, Alumnia berhak melakukan proses verifikasi lebih lanjut berupa permintaan berkas pendukung tambahan, wawancara online, kunjungan, dan bentuk verifikasi lain sesuai dengan jenis dan kategori Proyek dan/atau Kontribusi. Kami berhak menolak verifikasi akun Anda apabila belum memenuhi standar yang telah ditetapkan Beniso.
  2. Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian/anggaran dasarnya dalam berbentuk PT.
  3. Ijin usaha, SIUP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha (selengkapnya)
  4. Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

Beniso berhak melakukan investigasi terhadap sebuah atau beberapa Jasa Pelayanan Edukasi yang dianggap patut untuk ditelusuri lebih lanjut.

Maka dari itu, Anda setuju untuk bekerjasama dengan baik serta memberikan informasi dengan benar dan sedetail mungkin.

  1. Pembayaran Dana

Anda sebagai Mitra berhak menerima bagian pendapatan dari Pembayaran atas Jasa Pelayanan Edukasi yang telah dilakukan ke rekening anda.

  1. Kewenangan Beniso terhadap Mitra

1.1 Beniso berhak untuk melakukan edit/hapus deskripsi Jasa Pelayanan Edukasi dan deskripsi update apabila pihak Mitra:

  1. Mencantumkan no rekening selain daripada atas nama Beniso;
  2. Terbukti melakukan pencatutan nama pihak ke 3 tanpa seizin dan sepengetahuan yang bersangkutan baik disadari oleh kami maupun laporan;

iii.  Menurut kami mengandung unsur hate speech kepada pihak ke 3 maupun kepada Beniso;

1.2 Beniso berhak untuk mengalihkan Pembayaran Jasa Pelayanan Edukasi milik Mitra secara

sepihak apabila Mitra:

  1. Terbukti melakukan penipuan disertai bukti bukti yang kami dapatkan melalui investigasi maupun laporan dari publik;
  2. Permintaan Investee sendiri;

1.3 Alumnia berhak membekukan akun dan pencairan bagian Jasa Pelayanan Edukasi apabila pihak Mitra:

  1. Belum mengirimkan data-data yang diperlukan oleh Beniso;
  2. Apabila kami memiliki alasan dan bukti bahwa Mitra melanggar ketentuan layanan pada situs kami;
  3. Apabila diperlukan dalam rangka untuk memenuhi perintah pengadilan, surat perintah, keputusan pemerintah atau ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengguna

Semua Pembayaran atas Jasa Pelayanan Edukasi merupakan risiko dari Pengguna itu sendiri. Situs kami tidak menjamin bahwa setiap Jasa Pelayanan Edukasi yang berada dalam situs kami bebas dari kesalahan. Apabila di kemudian hari Anda meyakini terdapat kesalahan Jasa Pelayanan Edukasi, Anda bisa melaporkan hal tersebut melalui Hubungi Kami atau Kontak Kami yang tersedia pada platform Beniso.

  1. Kewajiban menjadi Pengguna

Pengguna wajib:

1.1 Bertanggung jawab penuh atas Pembayaran yang diberikan, untuk itu Pengguna wajib mencermati segala informasi mengenai Jasa Pelayanan Edukasi yang dimuat di dalam situs sebelum konfirmasi pembayaran;

1.2 Tidak memberikan informasi tambahan yang palsu dan/atau menyesatkan atas segala halaman, tautan, dan berbagai bentuk media lainnya dari Proyek dan/atau Kontribusi suatu penggalangan Dana di Alumnia.id;

1.3 Bertanggung jawab atas Pembayaran yang telah dilakukan dan menyadari konsekuensi bahwa Mitra berkemungkinan tidak dapat melaksanakan secara sebagian atau sepenuhnya atas Jasa Pelayanan Edukasi;

1.4 Pengguna menyadari bahwa Beniso hanya bertanggung jawab sebatas Platform Beniso berjalan dengan baik dalam pelaksanaan Jasa Pelayanan Edukasi;

1.5 Pengguna wajib mencermati setiap kali hendak menggunakan Jasa Pelayanan Edukasi, kami tidak menyarankan Pengguna untuk menggunakan Jasa Pelayanan Edukasi yang mengandung unsur ketidakjelasan, kebohongan, mencurigakan, penipuan dan kegiatan yang dilarang oleh negara. Beniso tidak bertanggung jawab atas kelalaian Pengguna atas hal yang sudah kami peringatkan di atas;

1.6 Sepakat untuk tidak mempermasalahkan dan/atau menuntut secara hukum Pihak Beniso atas penyalahgunaan Jasa Pelayanan Edukasi yang dilakukan oleh Mitra;

1.8 Pengguna bersedia apabila sewaktu-waktu dihubungi oleh Beniso walaupun tercatat sebagai anonim (anonymous donation) untuk keperluan tertentu;

1.9 Tidak melakukan pencucian uang (money laundry) dan/atau menggunakan uang yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum dalam pembayaran Jasa Pelayanan Edukasi yang ada di dalam situs.

  1. Ketentuan Pengguna

Pengguna memahami bahwa:

1.1 Setiap pembayaran yang sudah masuk atas Jasa Pelayanan Edukasi akan terpotong sebesar bagian pendapatan atas penggunaan Platform Beniso sebesar 30% dari nilai Pembayaran.

  1. Refund

Beniso tidak dapat melakukan pengembalian dana pengguna tetapi mengalihkan Jasa Pelayanan Edukasi lainya dalam bentuk voucher apabila:

1.1 Jasa Pelayanan Edukasi diberhentikan oleh Beniso baik dengan atau tanpa persetujuan Mitra sesuai dengan standar keamanan dan verifikasi Beniso.

  1. Hukum Kekayaan Intelektual

Semua Hak Kekayaan Intelektual dalam situs ini dimiliki oleh Beniso. Semua informasi dan bahan yang tertera pada situs kami seperti: logo, ikon, kode html dan kode lainnya dalam situs web ini dilarang untuk dimodifikasi, direproduksi atau diubah dengan cara apapun di luar wilayah situs ini tanpa izin yang dinyatakan oleh Beniso.

Apabila Anda melanggar hak-hak ini, kami berhak untuk membuat gugatan perdata untuk jumlah keseluruhan kerusakan atau kerugian yang diderita.

Pelanggaran terhadap poin ini bisa termasuk dalam tindak pidana.

  1. Pengecualian dan Pelepasan Tanggungjawab

1.1 Beniso tidak bertanggung jawab atas segala hal yang dijanjikan pihak IMitra terhadap Pengguna apabila terjadi sengketa di antara mereka. Beniso tidak memberikan garansi atas apa yang terjadi di kemudian hari.

1.2 Beniso tidak bertanggung jawab atas ketidakpuasan Anda apabila Jasa Pelayanan Edukasi pada situs kami atau situs yang didukung oleh Beniso.

1.3 Beniso tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi apabila pembayaran yang telah diberikan kepada Mitra tidak sesuai dengan Jasa Pelayanan Edukasi yang diterima dari Mitra.

1.4 Dalam keadaan apapun, Pengguna Platform akan membayar kerugian Beniso dan/atau menghindarkan Beniso (termasuk petugas, direktur, karyawan, agen, dan lainnya) dari setiap biaya kerugian apapun, kehilangan, pengeluaran atau kerusakan yang berasal dari tuntutan atau klaim pihak ketiga yang timbul dari pelanggaran Pengguna Platform terhadap Aturan Penggunaan Beniso, dan/atau pelanggaran terhadap hak dari pihak ketiga.

1.5 Beniso tidak memberikan Ganti Rugi dalam bentuk apapun atas Jasa Pelayanan Edukasi yang dilakukan pada situs kami.

1.6 Apabila di kemudian hari Anda sebagai pengguna situs menemukan atau mendapati bahwa terdapat Jasa Pelayanan Edukasi yang mencurigakan atau berindikasi penipuan, Anda setuju untuk membantu dan bekerjasama dengan Beniso untuk melaporkan kepada kami dan ikut serta membantu menyelesaikan perkara tersebut.

  1. Hak Cipta dan Merek Dagang

Semua fitur yang terdapat di dalam situs ini adalah milik Kamipagama Beniso Sains dan dilindungi oleh ketentuan hukum Indonesia yang terdapat dalam Undang-undang HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Oleh karena itu, pengguna situs tidak diperkenankan untuk menyalahgunakan fitur yang terdapat dalam situs ini untuk kepentingan pribadi, kolektif maupun komersil.

  1. Hukum yang Mengatur dan Yurisdiksi

Syarat dan Ketentuan ini diatur, ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pengunjung maupun Pengguna Platform menundukkan diri pada yurisdiksi dan hukum yang berlaku.

Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik akan terjerat ketentuan pidana yang tertulis pada Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

  1. Sanksi

Apabila pengguna situs terbukti melanggar syarat dan ketentuan yang telah dibuat baik secara sengaja maupun tidak dilakukan secara sebagian maupun secara keseluruhan, maka:

1.1 Kami akan memberitahu/notifikasi melalui pesan/email maupun telpon kepada pengguna mengenai ketentuan apa yang dilanggar;

1.2 Kami akan memberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna situs.

  1. Penyelesaian Sengketa dan Keadaan Terpaksa

1.1 Dalam hal terdapat suatu perselisihan atau sengketa yang timbul dari atau sehubungan dengan penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, Pengunjung Platform maupun Pengguna Platform sepakat untuk menggunakan segala upaya untuk menyelesaikan perselisihan atau sengketa tersebut melalui musyawarah untuk mufakat.

1.2 Semua sengketa yang timbul dari dan/atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, baik mengenai cidera janji maupun perbuatan melawan hukum, termasuk mengenai pengakhiran dan/atau keabsahan Syarat dan Ketentuan ini, akan diselesaikan dan diputus melalui badan hukum di wilayah setempat. Meskipun terdapat suatu perselisihan atau sengketa, Pengunjung Platform atau Pengguna Platform harus tetap memenuhi kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, tanpa mengurangi keberlakuan keputusan arbitrase final.

1.3 Anda memahami dan mengerti bahwa Platform kami dapat berhenti beroperasi dikarenakan kejadian di luar kemampuan manusia dan atau tidak dapat dihindarkan seperti terjadi peperangan, kerusuhan, kebakaran, bencana alam, permogokan dan bencana lainnya yang dinyatakan oleh instansi berwenang.

Penutup

Demikian syarat dan ketentuan penggunaan situs Beniso, dengan menggunakan situs ini maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam syarat dan ketentuan ini. Atas perhatian dan kesepakatan Anda, kami sampaikan terimakasih.